Cara Memasang Koil Tiger Revo di Yamaha Vixion | Coil Tirev di Vixion

by in , 3

Salam vixioner sob, kali ini mau share lagi nih yaitu tentang pemasangan koil Tiger Revo/Tirev di Vixion. Jangan lupa baca postingan-postingan saya sebelumnya yang pasti menarik tentang modif Vixion lho.. :D.

Koil original vixion bersistem TCI yg tidak bisa dipasangi koil sembarangan, harus khusus koil TCI juga karena Vixion menggunakan control pengapian ECU, tidak seperti motor-motor yang masih memakai pengapian CDI. Koil TCI umumnya memiliki 2 soket, 1 input dari ECU dan satunya power 12volt aki/kunci kontak on.

Koil ini saya beli dengan harga Rp. 79.000 di dealer resmi Honda yang menjual sparepart.
NOTE: 
HARAP DIPERHATIKAN, PASTIKAN KOIL PRODUK ASLI DARI HONDA DAN TYPE KHUSUS UNUK TIGER REVO, BUKAN TIGER YANG LAIN.


Sekilas info tentang perbedaan antara koil TCI dan CDI

TCI (Transistorized Controlled Ignition) menggunakan komponen driver transistor/sejenisnya untuk menswitch minus coil ke ground sesuai signal input yang masuk (Transistor sebagai switching). Dengan adanya switching pada kumparan primer koil sehingga membangkitkan GGL dan membangkitkan tegangan tinggi pada sekunder koil.

CDI (Capacitor discharge ignition) merupakan sistem pengapian yang memanfaatkan capasitor sebagai pemicu coil menghasilkan tegangan tinggi menuju busi, dengan adanya charge dan recharge pada kapasitor yang di switch oleh SCR menjadikan kapasitor menghantarkan tegangan sebagai penyulut koil untuk membangkitkan tegangan tinggi.

Kenapa memakai koil ini?
ya itulah pertanyaan yang harus saya jawab,, saya pakek ini sudah melalu beberapa referensi, forum-forum, bertanya-tanya dan hasil pengujian dengan dyno test. Serta resistansinya pun sudah ada yg menghitung bahwa koil ini aman di pakai divixion dan bisa dibilang setara dengan koil racing.
Bukan maksud untuk promosi sob :D. Dan sampai sekarang masih aman dan mantap, sudah lebih dari 2 tahun, buat balap maupun harian :) .




Langsung saja nih tahap pemasanganya ..

  1. Pertama buka tangki dahulu, lepas baut pengikat tangki ada 2 letaknya dibawah segitiga atas, gunakan kunci 10.
  2. Buka tangki, nggak perlu dilepas, cukup diataskan depan aja. Ganjel dengan apapun biar kebuka dalemanya, bisa di ganjel pakai wadah kanebo. Lalu akan kelihatan koilnya.
  3. Buka 2 baut pengikat koil  menggunakan kunci 10,setelah kedua baut terlepas tarik pin kabel yg menempel pada koil, ada dua pin kabel dan 1 Ground, Orange dan Merah-Putih.
  4. Setelah koil ori terlepas sekarang tinggal pasang koil tirev nya, yang perlu dan penting diperhatikan adalah pin warna hijau pada koil tirev di pasang pada kabel warna merah putih, dan warna Orange menuju pin warna hitam dan ground tetap ke besi itu. Karena ukuran koil Tirev lebih besar dan panjang dari koil ori vixion jadi hanya satu kaki aja yg bisa dibaut di body.
  5. Setelah koil tirev terpasang tinggal tutup tangki vixionnya.
  6. Gunakan COP busi standar, karena resistansinya udah tepat, jangan gunakan zero resistan/racing, karena akan berakibat api menyala belum waktunya dan membuat busi cepat rusak karena voltase yg berlebihan. 
  7. Setelah oke, setting CO di beres untuk menyesuaikan panjang api busi dengan banyaknya bbm. Karena setelah memakai koil ini, panjang api/letikan busi bertambah beberapa milimeter, nah ini yang membuat performa jadi oke, kalo konsumsi bbm di pembakaran tidak ditambah, bisa-bisa kekeringan tu busi,, wkwk, set di angka 3-6 untuk penggantian koil ini, kalo modif lainya lagi ya tinggal menyesuaikan. Lebih oke lagi kalo filter angin di modif lagi, konsumsi udara biar plong, cek this http://agusalfa.blogspot.com/2012/05/tips-memasang-open-filter-racing-filter.html . Jangan lupa juga baca tips ini, Cara pemasangan ground strap pada koil motor .


Pemasangan kabel:
Pada koil <=> Kabel dari motor
Pin Hitam <=> Kabel orange
Pin Hijau <=> Kabel Merah putih
Ground <=> Ground/Body

3 Responses to “Cara Memasang Koil Tiger Revo di Yamaha Vixion | Coil Tirev di Vixion”

  1. terima kasih banyak telah berbagi informasi tentang cara memasang koil tiger revo di yamaha... semoga tuhan memberikan yang terbaik bagi kita semua

    ReplyDelete
  2. klu businya masih tetap standar... aman gak gan???

    ReplyDelete

Beri komentar, saran, pertanyaan ke blog ini disini tempatnya...!!
Jangan spam.
Terimakasih.

Facebook Fanspage